6 Manfaat Mengejutkan Puasa Ramadhan

6+Manfaat+Mengejutkan+Puasa+Ramadhan-via-upload.wikimedia.org

     Tidak terasa kita sudah hampir selesai menjalankan puasa Romadhon dan tinggal beberapa hari lagi lebaran, Alhamdulilah. Puasa  Ramadhan merupakan sesuatu yang wajib di laksanakan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia, kecuali mereka yang sedang  mengalami halangan, mereka boleh utuk tidak melaksanakan puasa. dengan catatan menggantinya di kemudian hari.

     Dengan niat  yang ikhlas dan tulus kita menjalankan puasa dengan semaksimal mungkin, selain memenuhi kewajiban bagi seorang muslim dan  mendapat pahala,Amin. Puasa juga memiliki banyak manfaat loh? masa? iya beneran. Biar kalian nambah semangat Puasanya, kalian  perlu tahu manfaat puasa yang luar bisasa bagi tubuh kita, Berikut ini adalah 6 manfaat puasa yang luar biasa bagi tubuh  kita.

1. Puasa Bisa Meningkatkan Fungsi Otak 


     Ketika kita sedang menjalankan berpuasa, neurotropik yang diturunkan dari otak kita akan mengalami peningkatan. Dengan  demikian, tubuh kita akan lebih banyak memproduksi sel otak dari biasanya sehingga kinerja otak kita juga akan semakin  meningkat. Orang yang berpuasa juga mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, hal ini akan menurunkan tingkat stres yang dialami.



2. Puasa Sangat Baik Bagi Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

     Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia, Saat ini di Indonesia juga banyak yang terkena  penyakit tersebut, kenapa? iya jelas begitu karena jumlah perokok di Indonesia semakin tahun semakin meningkat penyakit  jantung adalah ancaman nyata, untuk itu kalau mau terhindar dari penyakit jantung jangan merokok ya, merokok selain  mengganggu orang lain juga sangat tidak baik bagi tubuh kita jangka panjang nanti, saran saya hindari merokok untuk terhindar  dari penyakit jantung.

     Dengan menjalankan ibadah puasa sangat baik untuk kesehatan jantung kita tercinta, ketika seseorang  sedang berpuasa, dalam tubuh seseorang tersebut melakukan peningkatan HDL dan menurunkan LDL yang menurut penelitian  “chronobiological” yang berati hal tersebut adalah sesuatu yang sehat untuk jantung dan pembuluh darah dalam tubuh kita.

3. Menghindarkan Seseorang Dari Perbuatan Buruk

     Puasa selain untuk tidak makan dan minum, saat melakukan ibadah puasa kita di haruskan untuk menjaga perbuatan, tingkah laku,  pola pikir.untuk itu puasa sangat tepat untuk menghindarkan seseorang dari perbuatan yang buruk yang akan dilakukan. dengan  menjalankan puasa Ramadhan semoga bisa merubah kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan menjadi kebiasaan baik, Amin.


4. Menghindari Berat Badan Yang Berlebihan

     Tidak bisa dipungkiri Puasa memiliki manfaat untuk menghindarkan kita dari berat badan yang berlebihan. karena ketika   seseorang menjalani puasa yang cukup lama dan tentunya orang yang sedang menjalankan puasa bisa lebih terkontrol dalam  menjaga pola makan mereka. Kita tidak perlu melakukan diet, Cukup berpuasa Romadhon dengan niat yang tulus dan tetap menjaga  pola makan, ingat jangan bales dendam saat berbuka puasa, makanlah secukupnya jangan berlebihan dengan begitu bisa  menghindarkan seseorang tersebut dari berat  badan yang berlebihan.


5. Menenangkan Psikologi Seseorang

     Seperti yang sudah saya katakan tadi, Selain tidak makan dan minum, dalam menjalankan ibadah puasa kita harus menahan amarah  dan emosional. Dengan menahan amarah dan emosional akan membuat keadaan psikologis seseorang menjadi lebih tenang dan secara  ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Sedikitnya kadar adrenalin bisa memberi efek baik pada tubuh kita.


6. Puasa Mencegah Diabetes

     Indonesia adalah negara dengan peringkat 5 jumlah diabetes, yaitu 9,1 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes. Untuk  itu puasa adalah pilihan yang tepat, bukan pilihan sih lebih tepatnya kewajiban. Dengan berpuasa bisa mencegah penyakit  diabetes yang berbahaya. Penyakit Diabetes ini disebabkan oleh tingginya kadar gula yang ada di dalam tubuh. Denagan  berpuasa, kita bisa dengan mudah untuk mengontrol asupan makanan dan minuman manis yang akan di konsumsi.


     Bulan ramadhan yang penuh berkah, ketika kita melakukan sesuatu kebaikan maka pehala yang kita dapatkan akan dilipatgandakan,  Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan penuh ampunan. semoga dengan membaca 6 Manfaat puasa di atas kalian bisa nambah semangat  untuk menjalani Bulan Ramadhan kali ini dan Bulan Ramadhan nanti dan seterunya. Dalam menjalankan ibadah puasa niatkan hanya  kepada ALLOH SWT menfaat-manfaat puasa Romadhon diatas hanya nilai lebih untuk seseorang yang menjalankanya.

0 Response to "6 Manfaat Mengejutkan Puasa Ramadhan"

Post a Comment